free web page counters

Bukan Hanya Sebagai Bumbu Dapur, Inilah Beberapa Manfaat Jahe yang Tidak Pernah Kamu Tahu!

Tentunya Jahe sudah tidak asing dan seringkali kita dapati di dapur-dapur rumah kita. Biasanya Jahe dipakai atau digunakan untuk membuat masakan-masakan tertentu yang bertujuan agar  terasa lebih enak dan beraroma. Tak jarang Jahe juga dimanfaatkan sebagai minuman yang bertujuan sebagai penghangat tubuh. Tak heran pula jika rempah-rempah asli Asia ini bisa terus mendapat perhatian dari para pencinta kuliner karena selain bermanfaat sebagai penyedap rasa juga bisa menghangatkan tubuh. Nah, tahu nggak sih kalau ternyata di balik ukurannya yang relatif kecil itu, di balik manfaat dan khasiat yang sudah umum kita ketahui, ternyata Jahe menyimpan khasiat dan manfaat lainnya yang belum diketahui oleh banyak orang. Mau tahu apa saja?

  1. Jahe Membantumu Mengurangi Rasa Nyeri

Untuk kamu yang sedang mengalami rasa nyeri, banyak berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri tersebut. Salah satu obatnya yakni dengan Jahe. Dari banyaknya cara yang bisa dilakukan, cobalah cara yang cukup mudah yang bisa kamu lakukan. Salah satunya yaitu seduh parutan Jahe sebanyak dua gram setiap harinya kurang lebih selama dua minggu. Lakukan secara teratur sampai nyeri ototmu tidak terasa lagi.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Peneliti dari University of Sydney Australia menemukan bahwa ekstrak dari Jahe kaya akan gingerol yang merupakan kandungan aktif pada rimpang Jahe, terbukti dengan dapatnya meningkatkan penyerapan glukosa darah ke dalam sel-sel otot tanpa memerlukan insulin. Itulan alasan kenapa Jahe dapat mengendalikan gula darah pada penderita diabetes mellitus. Cukup dengan rutin minum air Jahe setiap hari akan menurunkan kadar darah hingga mencapai sekitar 12 persen, jadi kalau kamu mengidap diabetes tipe 2, air Jahe bisa menjadi salah satu obat sederhana yang patut dicoba.

  1. Parutan Jahe Bisa Mengempiskan Bengkak

Jahe juga dianggap memipunyai kandungan anti nyeri alamiah sehingga cukup banyak orang yang menggunakan minyak Jahe sebagai pereda nyeri dan juga bengkak. Penelitian menunjukkan jika Jahe mengandung senyawa anti inflamasi dan minyak volatile yang memiliki efek analgesik dan pereda nyeri. Apabila ada bagian tubuhmu yang mengalami pembengkakan cobalah atasi dengan menggunakan Jahe.

  1. Bisa Menjinakkan Kolesterol

Kolesterol yang terdapat dalam darah bisa dijinakkan dengan kandungan yang ada pada Jahe, di mana kandungan ini membuang racun yang terdapat dalam darah. Selain itu, Jahe juga befungsi dalam melancarkan peredaran darah sehingga kolesterol yang biasanya menghambat aliran darah akan hancur.

  1. Memperlambat Tanda Penuaan pada Kulit

Jahe dapat memerangi tanda-tanda penuaan pada kulit. Tanda-tanda penuaan pada kulit dapat diakibatkan oleh berbagai macam sebab. Nah, Jahe merupakan kunci untuk mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit itu, coba tambahkan asupan Jahe pada masakan setiap harinya karena rempah yang satu ini  merupakan super food yang mengandung banyak anti oksidan untuk mengurangi toksin pada tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah dan juga mengurangi kemunculan tanda-tanda penuaan pada kulit.

  1. Jahe Juga Bisa Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Jahe merupakan obat yang efektif untuk infeksi saluran kemih. Jahe memiliki bahan aktif yang dikenal sebagai gingerol yang mana merupakan agen antibakteri yang dapat menghambat penyebaran bakteri dalam ginjal. Untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih, kamu dapat mengonsumsi makanan atau minuman berbahan dasar atau berkomposisi Jahe dalam keseharianmu.

Bagaimana, sekarang kamu tahu manfaat lain dari Jahe kan?

Sumber foto: stylecraze.com

1 Comment

Leave a comment