free web page counters

Mengatasi Infeksi Saluran Pencernaan dengan Lada Hitam

Infeksi saluran pencernaan merupakan penyakit yang menyerang pada sistem pencernaan manusia. Penyakit yang satu ini tentunya akan mengganggu karena akan menyebabkan rasa sakit yang juga akan menghambat berbagai macam aktivitas. Infeksi  pencernaan terjadi akibat adanya bakteri di dalam saluran pencernaan yang dikarenakan adanya makanan ataun minuman kurang bersih yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, pola makan yang tidak teratur juga bisa jadi menjadi penyebab penyakit ini.

Beberapa jenis penyakit infeksi pencernaan di antaranya:

DIARE

Salah satu infeksi pencernaan yang paling sering kita dengar adalah diare. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa, anak-anak atau bahkan balita pun bisa terserang penyakit ini. Diare disebabkan karena usus besar yang kemasukan bakteri, bakteri yang masuk itu membuat kerja usus besar menjadi tidak maksimal dan tidak bisa menyerap air dengan baik.

MAAG

Adanya bakteri bernama Helicobacter pyloru pada sistem pencernaan adalah penyebab maag. Bakteri jenis ini akan merusak lambung. Gejala maag yang dirasakan oleh penderitanya biasanya adalah perut yang melilit.

SEMBELIT (susah buang air besar)

Penyakit ini disebabkan karena di dalam usus besar terjadi penyerapan volume air yang terlalu besar.

RADANG USUS BUNTU

Seperti namanya, infeksi ini terjadi karena usus buntu yang mengalami peradangan akibat adanya benda asing pada usus dan tidak bisa keluar dengan sendirinya.

Nah, tentunya kita tidak mau beberapa jenis penyakit infeksi pencernaan yang telah disebutkan tadi menyerang kita. Apalagi sampai menggangu aktivitas kita sehari-hari. Pencegahan terhadap infeksi pencernaan harus disadari dan dilakukan cara pencegahannya sejak dini. Untuk di sekitar lingkungan, ciptakan lingkungan yang bersih. Hal ini bisa meminimalisir munculnya bakteri atau virus-virus yang bisa menyebabkan penyakit-penyakit tadi. Pola makan yang sehat juga akan berperan untuk mencegah terkena penyakit saluran pencernaan.

Sistem pencernaan pada tubuh kita adalah salah satu yang cukup rentan terinfeksi. Mengapa? Karena setiap harinya daerah tersebut kerap kali dilalui oleh berbagai macam makanan yang kita konsumsi.

Sering kali kita tidak bisa mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh, apakah makanan tersebut baik bagi tubuh sehingga tidak menyebabkan penyakit, atau malah sebaliknya. Sistem pencernaan pada tubuh tentunya akan menerima berbagai macam makanan yang masuk ke dalam perut. Tugas kita seharusnya adalah memfilter dan juga berhati-hati dengan makanan yang akan kita konsumsi, namun saat Anda sudah berhati-hati sekalipun, infeksi pencernaan bisa terjadi tanpa disadari.

Jika infeksi pada pencernaan Anda sudah terlanjur menyerang tubuh cepatlah segera obati. Dikutip dari www.healtline.com, Lada Hitam merupakan rempah alami yang bisa mengatasi infeksi tersebut. Dari berbagai sumber kerap kali disebutkan bahwa Lada Hitam mengandung lebih banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan, bahkan manfaat Lada Hitam ini juga lebih banyak daripada “saudaranya” yang biasa kita sebut Lada Putih atau merica.

Bakteri E. Coli dan infeksi yang dikarenakan oleh berbagai bakteri pengganggu di dalam usus bisa dilawan oleh Lada Hitam yang memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak.  Lada Hitam sering juga dijadikan obat dalam Ayurveda atau pengobatan khas dari Negara India sejak zaman dulu kala.

Berbagai cara untuk mengkonsumsi Lada Hitam saat ini bervariasi. Bisa dengan merebusnya lalu diminum 2 gelas perhari agar infeksi pada pencernaan bisa segera teratasi, atau dengan cara yang lebih mudah tanpa mengurangi manfaat dari Lada Hitam itu sendiri. Contohnya adalah dengan mengkonsumsi minuman herbal Lada Hitam Negeri Mas. Minuman yang berkomposisi rempah-rempah alami Indonesia ini adalah minuman yang memiliki banyak manfaat dan khasiat. Rasanya yang nikmat menjadi pilihan dan alternatif bahwa minuman berkhasiat tak melulu harus pahit.

1 Comment

Leave a comment