free web page counters

Teh Cengkeh, Obat Alami untuk Perbaiki Insulin Pada Pasien Diabetes

Cengkeh selain berguna sebagai pengharum dan pemberi cita rasa atau aroma lain pada makanan, juga merupakan sebagai antibakteri. Cengkeh ialah salah satu tanaman yang mengandung minyak atsiri, di mana kadar minyak atsiri ini cukup banyak dihasilkan di Indonesia dengan cara penyulingan air dan uap.

Jika di dapur cengkeh berfungsi sebagai bumbu penyedap makanan, dalam dunia industri cengkeh sudah umum dijadikan sebagai bahan tambahan dalam produksi berbagai macam bahan-bahan kebutuhan sehari-hari. Misalnya saja dalam produksi pasta gigi, sabun, kosmetik, parfum, bahkan rokok. Salah satu yang menjadi alasannya adalah karena cengkeh mempunyai kandungan berbagai macam nutrisi seperti vitamin dan mineral; yodium, kalsium fosfor dan besi.

Dalam hal kesehatan, cengkeh ternyata tidak hanya dijadikan obat anti nyeri pada saat sakit gigi atau pencabutan gigi saja. Ada manfaat tersembunyi lainnya yang dimiliki dari cengkeh ini. Seperti dikutip dari American Heart Association Circulation, di mana sebuah studi yang mereka lakukan menemukan bahwa cengkeh mempunyai kemungkinan besar bisa menurunkan kadar gula darah dan menjaga gula darah para penderita diabetes.

Menyeduh cengkeh atau mengkonsumsinya bisa membuat kandungan cengkeh bekerja di dalam tubuh melalui cara menginduksi aktivitas insulin. Cengkeh berperan sebagai insulin dan juga membantu resistensi atau pelepasan insulin lebih banyak sehingga dapat menjaga kadar gula darah, terutama bagi kaum yang mempunyai atau memiliki penyakit diabetes.

Adapun caranya yaitu dengan merebus atau menyeduh dengan air panas. Ambil 5 sampai 6 buah cengkeh, dan seduh seperti kita menyeduh teh. Minum saat hangat setiap hari sekali. Rempah kering ini juga bisa dimakan secara berkala untuk membantu menghilangkan bau nafas tak sedap dan masalah perut lainnya.

Namun, kamu juga harus berhati-hati untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi cengkeh dengan cara dimakan langsung, apalagi jika kamu memiliki riwayat penyakit lambung. Hal ini disebabkan bunga cengkeh mempunyai kandungan eugenol yang cukup tinggi sehingga cukup keras untuk lambung.

Nah, untuk menetralisir dan menghindari terjadinya efek samping, kamu bisa makan cengkeh cukup dengan 5 sampai 6 buah saja dan dibarengi dengan asupan air putih yang cukup.

1 Comment

Leave a comment