free web page counters

7 Jajanan Pasar yang Menggunakan Gula Merah Sebagai Bahan Bakunya

Banyak sekali jajanan pasar berupa kue tradisional, namun tak semua jajanan tersebut menggunakan komposisi atau bahan baku yang mengandung pemanis alami. Nah, buat kamu yang tidak suka dengan pemanis buatan ada baiknya mulai berpikir untuk memilih jajanan pasar yang mengandung gula merah atau gula aren sebagai pemanisnya.

Inilah 7 makanan pasar yang mengandung gula merah sebagai bahan bakunya:

  • Klepon

Dengan bentuknya yang bulat, juga teksturnya yang kenyal, makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kamu penikmat kuliner makanan tradisional. Apalagi selain berbahan dasar tepung beras, klepon juga berkomposisi gula merah sebagai pemanisnya. Tentu saja kandungan gula merah ini mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Adapun cara masak kue klepon ini adalah dengan direbus. Taburan parutan kelapa yang membuatnya terlihat lebih menarik seakan menegaskan makanan ini selain menggugah selera, juga mengandung banyak manfaat.

  • Kue Putu Bambu

Kue putu bambu terbuat dari tepung beras yang di dalamnya ditambahkan gula merah. Rasa dan bentuknya yang khas menjadikan makanan cemilan yang satu ini sering dicari orang. Dibuat dengan cara dikukus menggunakan bambu. Sensasi saat kamu menggigitnya, di mana melelehnya gula merah pada mulut adalah yang menjadi salah satu ciri khas lainnya. Tepung beras, kelapa, dan tentu saja gula aren atau biasa disebut gula merah mengindikasikan jika saat kamu memakannya rasa yang dihasilkan dari tiap-tiap komposisinya begitu terasa

  • Awug

Salah satu makanan khas Jawa Barat, komposisi dari makanan tradisional ini tak jauh beda dengan klepon dan kue putu bambu yakni tepung beras, kelapa, dan gula aren. Jika kue putu dikukus dalam silinder bambu kecil, awug ini dikukus dalam wadah lancip sehingga hasilnya akan membentuk kerucut seperti nasi tumpeng. Bahan dasarnya yang cenderung tanpa bahan pengawet membuat makanan khas ini aman untuk dikonsumsi.

  • Kue Lumpang Gula Merah

Kue lumpang gula merah ini dimasak dengan menggunakan cetakan berbentuk bulat dan juga bahan dasar gula merah dalam pembuatannya. Ditaburi parutan kelapa dan dibungkus daun pandan menjadikan makanan ini lagi-lagi tak membuat cemas orang-orang yang akan mengkonsumsinya, kamu bisa mendapatkan kue lumpang gula merah ini di pasar-pasar tradisional.

  • Ongol-ongol

Makanan tradisional yang satu ini cukup susah ditemui, mungkin kamu bisa menemukannya di pasar-pasar tertentu. Ongol-ongol merupakan cemilan yang terbuat dari tepung dan gula merah sebagai bahan pemanisnya. Kenyal dan empuknya kue ini saat gigitan pertama menjadikan makanan ini punya ciri khas tersendiri.

  • Kue Apem Gula Merah

Satu lagi jenis kue tradisional jajanan pasar yang banyak digandrungi oleh semua kalangan. Rasa manisnya yang pas, juga teksturnya yang empuk, lembut, dan kenyal menjadikan kue ini sangat cocok untuk menjadi teman kamu di saat santai. Gula merah yang menjadi komposisi utama kue ini menjadikan rasa kue ini begitu khas, dengan rasa manis yang cukup. Biasanya kue ini disajikan jika sedang bersama keluarga, atau ketika kedatangan tamu.

  • Kue Lupis

Kue yang satu ini masih terbilang mudah ditemui di pasar-pasar tradisional. Berbentuk segitiga, kue ini terbuat dari ketan putih. Satu yang khas adalah cara penyajiannya, di mana cara penyajiannya ini dibalurkan dengan parutan kelapa dan disiram dengan gula merah kental yang menjadikan cara makan kue ini terbilang unik.

Itulah beberapa kue tradisional yang cenderung masih bisa ditemui di pasar-pasar tradisional. Selain harganya yang relatif murah, makanan khas ini tergolong sehat karena dibuat dengan komposisi yang aman. Makanan-makanan di atas cocok untuk menjadi teman kamu di kala santai, saat berkumpul bersama keluarga, atau saat acara-acara khusus. Kandungan gizi yang terdapat dari makanan atau kue tradisional yang telah dibahas di atas juga cukup banyak dan jauh dari bahan-bahan berbau kimia.

Comment

There is no comment on this post. Be the first one.

Leave a comment