7 Jenis Rempah yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan Anda

Berbagai studi mengatakan jika bumbu atau rempah-rempah dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Rempah merupakan cara terbaik untuk menambah rasa pada makanan atau bahkan bisa juga pada minuman, di mana rempah ini dapat menambah rasa tanpa memberikan kalori ekstra, gula, sodium, atau bahan-bahan tidak berguna lainnya.

Penelitian menunjukkan, apabila Anda tidak suka pada rasa makanan yang Anda makan, akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk tetap menjalankan diet, tidak peduli seberapa disiplinnya Anda.

Terlebih saat ini, banyak sekali bumbu dan rempah-rempah yang dapat meningkatkan metabolisme dan juga membantu tubuh Anda untuk membakar lemak dengan lebih cepat. Ingin tahu rempah-rempah apa saja yang dimaksud? Berikut adalah 7 rempah-rempah yang dapat membantu menurunkan berat badan Anda:

  • Kunyit

Bumbu yang berwarna kuning cerah ini dapat membantu tubuh membakar lemat, ini di dasari oleh sebuah studi pada tahun 2009 oleh Tufts University. Studi itu menemukan bahwa tikus yang diberi kurkumin, yakni bahan aktif dalam kunyit, kehilangan lebih banyak lemak daripada tikus yang tidak makan kurkumin. Kurkumin ini dapat meningkatkan panas di dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat meningkatkan metabolisme.

Kunyit juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan lainnya, semisal membantu melawan penyakit Azlheimer hingga membantu menjaga kstabilan hormon ketika masa haid.

  • Cabai

Seperti kunyit, cabai juga mempunyai sifat panas atau termogenik dan mempercepat metabolisme tubuh. Menambahkan rempah-rempah yang bersifat ‘panas’ ke dalam masakan dapat membantu Anda membakar 100 kalori per porsi makanan, ini menurut ahli gizi Lauren Minchnen, RD.

  • Jinten

Hanya dengan satu sendok teh jinten perhari dapat membantu Anda membakar lemak dalam tubuh hingga tiga kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan masakan lainnya yang tanpa jinten. Menurut sebuah studi terbaru yang dilakukan pada perempuan yang mempunyai berat badan berlebih, jinten bisa ditambahkan ke beberapa masakan seperti, sup, semur, tumis atau makanan yang dipanggang.

  • Bawang Putih

Sebagain orang tidak menyukai bawang putih dengan berbagai alasan, salah satunya adalah karena menurut mereka bumbu yang satu ini membuat napas menjadi bau dan tidak sedap. Namun, di luar itu, bawang putih bisa membantu Anda membakar lemak. Ada suatu penelitian yang menemukan bahwa tikus yang diberi makan bawang putih, bisa kehilangan berat badan dengan cukup signifikan dalam waktu sekitar tujuh Minggu.

  • Kayu Manis

Kayu manis digunakan untuk menyeimbangkan gula darah dalam tubuh, bermanfaat dalam hal mengekang nafsu makan dan membuat Anda merasa kenyang jauh lebih lama. Kayu manis juga bisa menjadi pengganti gula saat Anda menikmati secangkir teh atau kopi sehingga Anda terhindar dari mengonsumsi kalori ekstra atau berlebih.

  • Jahe

Seperti kayu manis yang sudah dibahas di atas, jahe juga dapat membantu mengontrol lonjakan kadar gula darah setelah Anda makan makanan bergula atau makan makanan berkarbohidrat tinggi. Rempah yang satu ini juga bersifat termogenik sehingga bisa membantu mempercepat proses pada pembakaran lemak, ini didasari menurut Barbara Mendez, RPH, MS, ahli nutrisi di New York City.

  • Lada Hitam

Sifat termogenik pada jahe juga dipunyai oleh lada hitam. Selain itu, lada hitam juga dapat memblokir pembentukan sel-sel lemak baru. Alhasil, rempah yang satu ini juga bermanfaat dan berkhasiat dalam mencegah kenaikan berat badan. Pembahasan lada hitam sudah sering kami bahas di website ini.

Itulah 7 jenis rempah-rempah yang dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Jika Anda mempunyai masalah pada berat badan, baiknya konsumsilah 7 rempah yang sudah kami bahas itu. Tapi perlu diingat, mengonsumsi rempah-rempah tersebut haruslah sesuai dengan takaran yang dianjurkan untuk mengoptimalkan manfaat yang akan didapat.

Sumber Foto : tub.tubgit.com

Comment

There is no comment on this post. Be the first one.

Leave a comment