Cara Menyimpan Gula Merah Agar Awet dan Tidak Meleleh

Bagaimana cara menyimpan gula merah agar tetap awet dan tidak mudah meleleh?

Jika Anda menginginkan gula yang memiliki kualitas bagus, maka Anda harus mencari gula yang terbuat dari bahan-bahan yang baik dan berkualitas tinggi. Gula dengan bahan yang baik tentunya akan membuat gula itu sendiri terjaga kualitasnya. Ini berlaku untuk gula merah. Dalam hal gula merah, seperti itulah salah satu cara untuk menjaga agar gula merah yang Anda miliki tetap awet dan tahan lama.

Gula merah atau sebagian orang menyebutnya dengan gula aren  adalah pemberi rasa manis pada makanan atau minuman yang terbuat dari sari pohon aren, banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara menyimpan gula merah yang baik dan benar, sehingga seringkali terjadi kesalahan yang menyebabkan gula merah menjadi benyek, bahkan dikerubungi oleh semut. Perlu Anda ketahui, jika daya tahan yang dimiliki gula merah dan gula pasir sangat berbeda. Jika gula pasir memiliki daya tahan yang cukup lama, namun tidak untuk gula merah.

Gula merah yang berkualitas adalah gula merah yang terbuat dari bahan yang 100% alami tanpa ada tambahan bahan lainnya. Hal inilah yang bisa menjadikan gula merah tersebut menjadi awet sehingga tidak mudah meleleh. Meskipun begitu, tentu ada beberapa trik atau tips tertentu yang dapat membantu Anda untuk menjaga gula tersebut agar selalu dalam kondisi terbaik.

Cara menyimpan gula merah agar awet sebenarnya tidaklah terlalu sulit, bahkan bisa dibilang sangat mudah. Pastikan jika Anda telah menyimpan gula merah tersebut dalam wadah yang bersih, jauh dari cahaya matahari langsung, dan pastikan pula steril. Ini setidaknya bisa membuat gula merah menjadi awet.

Anda dapat menyimpan gula merah di dalam wadah yang memiliki kedap udara. Dengan begini, Anda dapat meminimalkan penguapan yang terjadi pada gula merah sehingga gula merah aman saat Anda simpan. Selain itu, wadah yang memiliki kedap udara memiliki fungsi untuk menjaga rasio udara yang ada di dalam gula merah.

Cara lainnya, gunakan sarung tangan saat hendak mengambilnya. Meski mengambil gula merah dengan alat bantu, seperti sendok misalanya, namun Anda juga harus menjaga kebersihan gula merah. Nah, penggunaan sarung tangan dikira cukup tepat agar gula merah yang diambil tidak cepat meleleh. Perlu diingat, diusahakan jangan menaruh gula merah secara langsung dalam tas, meja dan lain sebagainya. Lakukan proses menguleni gula merah secara teratur karena ini akan mencegah faktor kelengketan gula merah satu sama lain. Tips yang mungkin perlu diperhatikan juga adalah, gunakan gula merah secepatnya, tentunya untuk menjaga kesegarannya. Cobalah untuk menggunakan gula merah dalam bulan yang sama di saat Anda membelinya.

Jauhkan juga gula merah yang Anda simpan dari bahan-bahan yang berbentuk cair. Ini agar menjauhkan dari kemungkinan gula merah yang Anda simpan cepat meleleh karena berdekatan dengan bahan-bahan berbentuk cair tersebut. Seperti yang sudah disebutkan di atas, jauhkan pula pada sinar matahari langsung. Akan lebih baik jika Anda menyimpannya di tempat yang mudah dijangkau namun aman. Jauhi dari benda tajam juga menjadi sesuatu yang harus diperhatikan.

Menyimpan gula merah tidaklah sesulit yang dibayangkan. Gula merah merupakan bahan yang pada dasarnya dapat meleleh dengan mudah jika dipanaskan atau ditempatkan di tempat yang sedikit lembab dan panas, ini tentunya akan beresiko cepat mencair. Selain itu, penyimpanan yang benar akan membuat gula merah tersebut terhindar dari beberapa kondisi seperti misalanya berjamur ataupun berdebu.

Nah, cara-cara di atas bisa Anda coba agar gula merah yang ada di dapur Anda tidak cepat meleleh dan kualitasnya tetap terjaga. Hmmm… bagaimana, perlu dicoba bukan?

Sumber Foto : Nusatimes.com

Comment

There is no comment on this post. Be the first one.

Leave a comment