free web page counters

Cara Menyimpan Jahe Agar Tahan Lama dan Tetap Segar

Kunci kelezatan suatu masakan ada pada keahlian dari sang juru masak dalam mengolah bahan mentah menjadi hidangan yang bercita rasa tinggi. Selain itu, bumbu-bumbu yang dipakai atau digunakan juga menjadi faktor utama yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan kata lain, bumbu dapur adalah komponen penting dalam menciptakan cita rasa masakan yang sempurna. Karena tanpa racikan bumbu yang tepat, suatu masakan tidak akan terasa nikmat.

Kesalahan sedikit pada bumbu atau bahan baku akan sangat mempengaruhi suatu masakan. Tak hanya itu satu masakan yang dibumbui dengan bumbu yang tidak baik atau busuk tentu rasanya juga tidak akan sesuai dengan yang diinginkan.

Karena itu, cara penyimpanannya juga harus diperhatikan agar aroma dan manfaatnya tetap terjaga. Nah, dari banyaknya bumbu dapur yang ada, kami akan lebih spesifik membahas cara penyimpanan jahe agar tahan lama dan tetap segar.

Jahe bisa dikonsumsi sebagai bumbu atau bisa juga dipadukan dengan bahan lainnya agar mendapatkan kandungan manfaat yang didapatkan. Jika Anda memiliki jahe dan menginginkan jahe yang Anda miliki dapat tetap segar dan tahan selama beberapa Minggu, atau bahkan beberapa bulan, maka Anda perlu mengetahui cara menyimpannya.

Berikut akan kami paparkan cara menyimpan jahe agar tahan lama dan tetap segar:

  • Pilih Jahe yang Paling Segar

Jika Anda menginginkan jahe Anda awet selama mungkin, maka Anda disarankan untuk memilih akar jahe yang paling segar dan kemudian langsung Anda pergunakan dengan segera setelah membelinya. Untuk mendapatkan jahe yang paling segar, carilah jahe dengan aroma yang pedas segar serta kulitnya yang halus. Jahe harus terasa berat dan keras dalam genggaman tangan Anda. Hindari memilih jahe yang kulitnya telah berkerut atau terasa sedikit lunak. Dengan memilih jahe dengan kualitas yang bagus membuat jahe tersebut dapat tahan lama dan cenderung terlihat tetap segar.

  • Cucilah Jahe dengan Air Sampai Bersih

Cucilah jahe menggunakan air sampai bersih, usahakan agar setiap kotoran yang menempel di setiap sisi kulit jahe sudah dihilangkan dan benar-benar terlihat bersih. Mengapa? Karena jika kotoran yang terdapat pada jahe tersebut tidak dibersihkan maka akan menjadi penyebab jahe mudah sekali rusak saat disimpan. Nah, langkah selanjutnya setelah jahe dibersihkan dengan air, maka Anda bisa langsung mengeringkannya dengan kain atau menjemurnya sebentar.

  • Memasukkan Jahe pada Kantong Kertas

Setelah jahe sudah bersih dan sudah cukup kering, maka Anda bisa memasukkannya ke dalam kantong kertas yang sudah disiapkan terlebih dahulu sebelumnya. Dengan menggunakan kantong kertas ini, maka kondisi jahe akan tetap lembab dan tidak mudah busuk. Perlu diketahui bahwa kantong kertas memang termasuk wadah efisien untuk menyimpan jahe agar tetap awet dan kesegarannya tetap terjaga. Jika semua rimpang jahe sudah dimasukkan ke dalam kantong kertas tersebut, selanjutnya masukkan ke dalam kantong plastik.

  • Masukkan ke Dalam Kulkas

Setelah pembungkusan jahe seperti tips yang telah disebutkan tadi, maka kini saatnya menyimpan bahan rimpang tersebut ke dalam kulkas. Dengan menyimpannya ke dalam kulkas, Anda tidak usah khawatir karena kondisi jahe akan tetap segar saat Anda memerlukannya sewaktu-waktu, serta tidak akan sampai tumbuh tunas dalam waktu yang cukup lama. Untuk penyimpanan yang lebih baik, simpan jahe di dalam rak sayur kulkas. Di rak sayur inilah kesegaran jahe akan tetap terjaga. Meski telah disimpan dalam waktu yang lama, jahe akan tetap segar. Anda tak perlu khawatir jahe yang Anda simpan akan membusuk.

Itulah beberapa cara agar jahe bisa tahan lama dan tetap segar, Anda bisa menggunakan jahe yang sudah Anda simpan dengan cara yang sudah dibahas tadi sewaktu-waktu jika Anda memerlukannya. Silakan dicoba!

Sumber Foto : drweil.com

1 Comment

  • […] jahe juga sering diolah sedemikian rupa dengan tidak meninggalkan unsur jahenya. Saat ini, olahan jahe sudah bermacam-macam. Dari mulai makanan, minuman, sampai permen sekalipun. Nah, inilah beberapa […]

Leave a comment